Kamis, 21 Maret 2013

Jenis Jenis penyakit pada tumbuhan


Jenis Jenis penyakit pada tumbuhan

Apakah kalian pernah melihat tumbuhan yang terserang penyakit ?
jika belum mari kita belajar tentang macam penyakit pada tumbuhan.
tumbuhan dapat terserang penyakit yang di sebabkan oleh mikroorganisme(virus,jamur,dan bakteri).

di atas adalah contoh tumbuhan yang menjadi belang - belang sampai warna tumbuhannya menjadi kuning seluruhnya dan pertumbuhannya menjadi terhambat.

selain penyakit tumbuhan yang tumbuhan juga mempunyai penyakit lain yaitu :

1. penyakit rebah kecambah
    penyakit rebah kecambah adalah penyakit pembusukan pada leher akar tumbuhan yang baru tumbuh (sedang berkecambah). penyakit ini di sebabkan oleh serangan cendawan phythium sp. atau rhizoctonia solani. akibatnya leher akar tak mampu menopang batang. akhirnya tumbuhan yang baru akan roboh.

2. penyakit embun tepung
    penyakit ini menyerang biji yang sedang tumbuh, sehingga biji menjadi keropos dan akhirnya mati . penyebabnya adalah paranospora parasitica.cendawan ini kadang - kadang juga menyerang biji yang sudah mempunyai daun pertama.yang menyebabkan tumbuhan menjadi kerdil dah daunnya mempunyai bercak hitam, sehingga produksinya rendah.

3. penyakit CVPD
    penyakit citru vein phloem degeneration (CVPD) adalah penyakit yang menyerang pembuluh tapis pada batang jeruk. gejalanya : kuncup - kuncup daun menjadi kecildan berwarna kuning sehingga buahnya juga menjadi berwarna kuning. penyakit ini disebabkan oleh bakteri.

4. penyakit pada tanaman padi
    penyakit ini menyerang ruas - ruas batang dan butir padi. penyakit ini disebabkan oleh cendawan pylicularia oryzae. akibatnya ruas - ruas batang mudah patah dan tanaman padi akhirnya mati.

 5. penyakit mosaik tembakau
     penyakit mosaik tembakau di akibatkan oleh virus TMV(tobacco mosaic virus) yang menyebabkan daun tembakau bercak - bercak putih yang mengakibatkan mutu daun rendah.

15 komentar: