Selasa, 19 Maret 2013

Gerak tropisme pada tumbuhan


Gerak Tropisme

Gerak tropisme adalah gerak bagian tumbuhan yang arahnya dipengaruhi oleh arah datangnya rangsangan . Berdasarkan jenis rangsangan yang di terima oleh tumbuhan, tropisme di bedakan menjadi 5 yaitu : fototropisme, geotropisme, hidrotropisme, tigmotropisme, dan kemotropisme.

1. Fototropisme
    fototropisme adalah tropisme yang disebabkan oleh rangsangan cahaya . contoh adalah ujung batang tumbuhan selalu tumbuh ke arah sumber cahaya. jika cahaya datang dari atas, tumbuhan akan tumbuh tegak mengarah ke atas . sedangkan tanaman pot yang di letakkan di dalam ruangan dan mendapat cahaya dari samping , maka ujung batangnya akan tumbuh membengkok ke arah datangnya cahaya

2. Geotropisme 
    Geotropisme adalah gerak ynag disebabkan rangsangan gaya gravitasi. oleh karena itu gerak akar di akibatkan oleh rangsangan gaya tarik bumo(gravitasi) dan arah gerak menuju arah datangnya rangsangan, maka gerak tumbuh akar disebut geotropisme positif. contoh geotropisme positif dan negatif adalah jika biji yang baru bercambah deletakkan mendatar, maka pertumbuhan ujung akar akan membelok ke arah bawah (geotropisme positif) dan ujung batang (tunas) akan membelok ke atas (geotropisme negatif).

3. Hidrotropisme
    Hidrotropisme adalah gerak tumbuh akar yang dipengaruhi ketersediaan air tanah . biasanya akar tumbuh lurus ke arah bawah untuk memperoleh air dari dalam tanah. akan tetapi, jika pada arah ini tidak terdapat cukup air, maka akar akan tumbuh membelok ke arah yang cukup air. dengan demikian, arah pertumbuhan mungkin tidak searah dengan gaya tarik bumi . gerak akar menuju sumber air ini disebut hidrotropisme positif.

4. Tigmotropisme
    Tigmotropisme adalah gerak tumbuhan karean rangsangan sentuhan. contoh tigmotropisme terdapat pada tumbuhan anggur dan mentimun . tanaman tersebut mempunyai sulur yang membelit pada dahan lain . selain itu sulur tersebut dapat membelit pada benda lain yang disentuhnya , misal ajir.lah kenapa sulur dapat tumbuh membelit ajir ? jawabannya adalah karena pada sisi sulur yang menyentuh ajir, pertumbuhan sel - selnya melambat sehingga bagian tersebut lebih pendek daripada sisi sulur yang tidak menyentuh ajir.akibatnya, sulur tumbuh melengkung ke arah ajir dan mengelilingi ajir.

5. Kemotropisme
    Kemotropisme adalah gerak tumbuhan karena adanya rangsang bahan kimia. contohnya adalah pertumbuhan buluh serbuk sari menuju bakal buah pada saat pembuahan tumbuhan berbunga

Tidak ada komentar:

Posting Komentar